Penguasaan Bola (Ball Possession)

Penguasaan Bola (ball possession) merupakan salah satu istilah yang juga kita kenal di dunia sepakbola. Lalu apa maksud atau arti dari penguasaan bola seperti ini? Mengapa perlu informasi ball possession? Apa gunanya buat para pencinta sepakbola atau bettor? Berikut kami jelaskan secara ringkas untuk Anda.



Tips Bola - Istilah ini mengacu pada keunggulan sebuah tim dalam menguasai jalannya pertandingan, baik itu di babak pertama atau babak kedua atau secara keseluruhan. Dalam sebuah laga pasti ada yang lebih unggul. Tim yang lebih unggul pasti akan lebih banyak menggiring, mengocek dan menendang bola. Tim inilah yang disebut tim yang memiliki ball possession paling besar. Jadi boleh dibilang ball possession identik dengan tim yang menguasai jalannya pertandingan.

Informasi ball possession yang sering kita jumpai di jeda waktu istirahat yang ditampilkan di layar kaca. Sudah pasti yang lebih banyak menguasai jalannya pertandingan adalah Barca dengan ball possession 69% sementara Arsenal hanya 31%.

Ball possession hitungannya dalam persentase (%) dan biasanya ditampilkan di layar kaca televisi untuk siaran langsung yang terjadi. Rata-rata pertandingan yang sudah berjalan di atas 25 menit maka akan ditampilkan informasi ball possession seperti ini atau setelah babak pertama selesai di waktu jeda istirahat atau ketika komentator bola berkomentar di jeda pertandingan antar babak.

Menit-menit awal posisi ball possession belum bisa diketahui atau belum bisa diringkas. Hanya bisa diketahui jika sebuah pertandingan berjalan cukup lama. Namun kalau kita mengikuti sebuah partai pertandingan sepakbola dari awal, tanpa ada informasi ball possession kita juga pasti akan tahu sendiri. Karena kita melihatnya secara live dan bisa melihat tim mana yang banyak mendapatkan bola.

Di akhir babak pertama pada jeda istirahat, ball possession selalu ditampilkan bersama informasi fouls, shots on target, scores, dsb. Tujuannya agar para pencinta sepakbola bisa mengkalkulasi kira-kira sampai pertandingan selesai (full time) tim mana yang akan unggul atau hasil skor akan seperti apa. Jadi ball possession juga penting untuk memprediksi hasil bola terutama untuk babak kedua dan permainan bola jalan (in running betting).

Artikel Terkait Penguasaan Bola (Ball Possession) :