Tendangan Sudut (Corner Kick)

Tendangan Sudut (Corner Kick) - Tendangan sudut memiliki nama lain yakni "sepak pojok" atau "tendangan penjuru". Mengapa disebut demikian? Tak lain karena memang bola disepak pas di pojok lapangan. Penjuru juga adalah istilah yang mengacu di sudut seperti penjuru bangungan yakni sudut bangunan. Ibarat membangun rumah maka sudut rumah disebut penjuru rumah.


Tendangan sudut atau sepak pojok dilakukan jika ada salah satu pemain termasuk kiper dari tim lawan mengeluarkan bola melewati garis batas gawang. Garis ini adalah garis yang berada di belakang gawang. Entah itu bola melambung ke atas seperti ditangkis kiper atau menggelinding biasa hingga keluar lapangan. Biasanya yang akan menentukan sebuah tendang pojok adalah wasit termasuk hakim garis. Hakim garis akan menunjuk ke sudut lapangan dengan benderanya.

Hakim garis akan mengibarkan bendera seraya menunjuk ke sudut lapangan jika terjadi tendangan sudut. Di tiap-tiap sudut lapangan kedua tim akan selalu tertancap bendera seperti foto di atas.

Hakim garis akan mengibarkan bendera seraya menunjukkannya ke arah sudut lapangan ketika terjadi tendangan pojok. Mengenai sebelah kanan atau kiri pojok lapangan yang akan dipergunakan tergantung pada posisi bola jatuh ke luar lapangan. Jika di kanan maka dipergunakan pojak kanan, jika di sebelah kiri maka dipergunakan pojok kiri.

Tendangan Sudut Sering Menciptakan Gol
Tendangan sudut seringkali menciptakan gol dan merupakan peluang yang bagus buat setiap tim untuk mencetak angka. Mengapa merupakan peluang bagus? Karena bola bisa diarahkan tepat di area gawang sehingga tinggal disundul kemudian masuk. Apalagi ketika banyak pemain saling berlarian mencari celah. Dalam dunia betting sepakbola, tendangan sudut juga dimainkan yakni di partai spesial. Menebak jumlah tendangan sudut yang tercipta baik di babak pertama atau babak full time atau tendangan sudut ke sekian di lakukan oleh tim mana.

Salah satu adegan tendangan sudut yang dilakukan oleh mantan kapten Inggris (David Beckham). Banyak gol tercipta oleh tendangan yang bagus di setiap laga.

Artikel Terkait Tendangan Sudut (Corner Kick) :